Pelatihan Penerapan Inklusi di Tempat Kerja

Bupati Bekasi mendukung penerapan inklusi di tempat kerja, hal ini dilakukan melalui pembukaan pelatihan inklusi di tempat kerj yang dilaksanakan pada tanggal 24 September 2020 di Hotel Sakura – Delta Mas Cikarang yang di mulai pukul 08.30 – 16.00 Wib.  Pelatihan ini dilaksanakan Pemda Kabupaten Bekasi  bersama Humanity & Inclusion, APINDO, FWD Asuransi Hidup dan Yayasan This Able  dengan tujuan agar Pemerintah, Perusahaan dan BUMD dapat mewujudkan inklusi di tempat kerja. Sebagai mana mandat dari  Undang-undang No. 8 Tahun 2016 pasal 53  tentang penyandang disabilitas, pemerintah pusat, daerah, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), dan Badan Usaha Miliki Daerah (BUMD) wajib mempekerjakan paling sedikit 2% penyandang disabilitas dari jumlah pegawai. Sementara, perusahaan swasta wajib mempekerjakan minimal 1% untuk menjadi karyawan.    

Berdasarkan Data dari Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Bekasi terdapat sekitar 5.000 Perusahaan di Kawasan Industri  dengan jumlah pekerja mencapai 1,5 juta orang, sehingga komitmen Pemerintah Kabupaten Bekasi dan Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) Kabupaten Bekasi  bergerak bersama  menerapkan UU No.08 tahun 2016.

Pelatihan Inklusi di tempat kerja ini dilakukan sebagai bagian proses  pembentukan system rujukan kerja inklusi di kabupaten Bekasi. Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan  yang dilakukan melalui program Maju Bersama  Pemberdayaan kaum Muda Disabilitas di Asia (Forward Together: Empowering youth with disabilities in Asia). Program ini dilaksanakan di Indonesia  sejak Juli tahun 2019 oleh Humanity Inclusion Bersama mitra implementasi Yayasan This Able dan di dukung  oleh FWD Insurance Group yang memiliki lokus area Intervensi program  di Kabupaten Bekasi, Kota Bekasi dan Jakarta Selatan.

Pelatihan ini  dilakukan secara blended method  (Daring dan Luring) mengingat situasi masa pandemic dengan protokol ketat melalui pembatasan jumlah orang, jaga jarak dan tetap menjaga kebersihan selama proses pelatihan luring.  Peserta  yang terlibat adalah Perusahaan-perusahaan  yang berasal dari Kawasan Industri Bekasi dapat mengikuti secara daring (online). Para Pelatih dalam pelatihan terdiri dari 4 orang yang berasal dari   DPN APINDO,  HRBP – FWD Life Indonesia, Humanity & Inclusion  dan Yayasan ThisAble.